Tutorial Belajar C Part 15: Pengertian dan Contoh Kode Program Tipe Data Char

Dalam tutorial belajar bahasa C kali ini kita akan membahas tentang tipe data char beserta contoh kode program dari tipe data char bahasa pemrograman C.


Pengertian Tipe Data char Bahasa C

Tipe data char di dalam bahasa C digunakan untuk menampung 1 digit karakter, entah itu berupa huruf maupun angka. Variabel yang didefinisikan untuk menampung tipe data char membutuhkan 1 byte memory. Secara teknis, char ini dikodekan dari charset ASCII.


Contoh Kode Program Tipe Data char Bahasa C

Contoh penggunaan tipe data char sudah pernah kita coba beberapa kali. Berikut contoh lain dari tipe data char dalam bahasa C:

#include <stdio.h>

int main(void)
{
  char huruf;
  huruf = 'Z';
  printf("Huruf yang tersimpan adalah: %c",huruf);

  printf("\n");
  return 0;
}

Contoh kode program untuk tipe data char bahasa C

Dalam contoh ini, saya mendefinisikan variabel huruf yang bertipe char. Huruf ini kemudian diisi dengan karakter ā€˜Zā€™ dan kemudian ditampilkan dengan perintah printf. Sangat sederhana.

Untuk contoh kedua, saya akan buat konstanta dengan tipe data char:

#include <stdio.h>

int main(void)
{
  const char huruf = 'a';
  printf("Huruf yang tersimpan adalah: %c",huruf);

  printf("\n");
  return 0;
}

Contoh kode program untuk tipe data char bahasa C

Disini huruf berupa sebuah konstanta bertipe char, bukan lagi variabel seperti sebelumnya. Mengenai perbedaan antara variabel dengan konstanta, sudah pernah kita bahas dalam beberapa tutorial sebelum ini: Cara Pembuatan Konstanta dalam Bahasa C, dan Pengertian Variabel dan Cara Penulisan Variabel Bahasa C.

Sebagai contoh terakhir, saya akan kombinasikan dengan perintah scanf agar lebih dinamis:

#include <stdio.h>

int main(void)
{
  char karakter1, karakter2, karakter3;

  printf("Input 3 karakter sembarang \n");
  printf("========================== \n");
  printf("\n");

  printf("Karakter pertama: ");
  scanf(" %c",&karakter1);

  printf("Karakter kedua: ");
  scanf(" %c",&karakter2);

  printf("Karakter ketiga: ");
  scanf(" %c",&karakter3);

  printf("\n");
  printf("karakter yang diinput adalah: %c %c %c", karakter1, karakter2, karakter3);

  printf("\n");
  return 0;
}

Contoh kode program untuk tipe data char bahasa C

Di awal kode program, saya menyiapkan 3 buah variabel bertipe data char. Ketiga variabel ini bernama karakter1, karakter2 dan karakter3. Isi program akan meminta inputan dari user untuk 3 karakter tersebut, kemudian menampilkannya kembali.

Yang juga patut diingat, karakter disini bisa terdiri dari huruf, angka, serta karakter khusus seperti ?, *, %, #. Jadi tidak masalah jika kita menginput angka ke dalam tipe data char. Namun angka tersebut tetap harus 1 digit.

Angka yang diinput ke dalam tipe data char tidak bisa diolah, misalnya dipakai untuk perhitungan atau penambahan. Jika kita menginginkan hal ini, harus menggunakan tipe data khusus angka seperti integer atau float.

Bagaimana dengan karakter yang lebih dari 1 digit, seperti kata atau kalimat? Di dalam bahasa C, kata atau kalimat (di kenal juga sebagai string) dianggap sebagai array dari tipe data char. Lebih lanjut akan kita pelajari setelah membahas tentang tipe data array nanti.


Sampai disini kita sudah membahas tentang pengertian tipe data char serta cara penggunaan tipe data char di dalam bahasa pemrograman C. Berikutnya akan dibahas tentang tipe data untuk menampung angka bulat: Pengertian dan Contoh Kode Program Tipe Data Integer bahasa C.


*** Artikel Terkait ***

Add Comment