Tutorial Belajar C Part 14: Jenis-jenis Tipe Data dalam Bahasa C

Lanjutan tutorial bahasa pemrograman C di Duniailkom kali ini akan membahas apa saja jenis-jenis tipe data di dalam bahasa C, termasuk pembagian tipe data.


Pengertian Tipe Data

Sebelum sampai ke jenis-jenis tipe data di dalam bahasa C, ada baiknya membahas sedikit pengertian dari tipe data itu sendiri. Apa itu tipe data?

Mengutip dari wikipedia (Data type):

“A data type or simply type is a classification of data which tells the compiler or interpreter how the programmer intends to use the data”.

Terjemahannya:

“Tipe data atau kadang disingkat dengan ‘tipe’ saja adalah sebuah pengelompokan data untuk memberitahu compiler atau interpreter bagaimana programmer ingin mengolah data tersebut”

Secara sederhana, tipe data adalah cara kita memberitahu komputer untuk mengelompokkan data berdasarkan apa yang dipahami oleh komputer.

Sebagai contoh, misalkan saya memiliki data berupa angka. Agar bisa dipahami oleh compiler bahasa C, data ini harus disimpan ke dalam variabel yang sudah di set agar bisa menyimpan angka. Di dalam bahasa C, terdapat tipe data integer dan float yang bisa diisi dengan angka. Sedangkan jika data tersebut berupa huruf, bisa disimpan ke dalam tipe data char.


Jenis-jenis Tipe Data dalam Bahasa C

Terdapat 8 tipe data di dalam bahasa pemrograman C yang bisa dibagi ke dalam 4 kelompok besar: tipe data dasar, tipe data turunan, tipe data bentukan, dan tipe data void.

1. Tipe Data Dasar

Sesuai dengan namanya, tipe data dasar adalah tipe data paling dasar yang tersedia di dalam bahasa pemrograman C. Terdapat 3 jenis tipe data dasar:

  • Char: tipe data yang berisi 1 huruf atau 1 karakter.
  • Integer: tipe data untuk menampung angka bulat.
  • Float: tipe data untuk menampung angka pecahan.

Tipe data dasar dasar disebut juga sebagai Primary Data Type, Fundamental Data Types atau Basic Data Type.

2. Tipe Data Turunan

Tipe data turunan berasal dari tipe data dasar yang dikelompokkan atau di modifikasi. Terdapat 3 tipe data turunan di dalam bahasa pemrograman C:

  • Array: Tipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data dasar. Tipe data tersebut harus 1 jenis.
  • Structure: Tipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data dasar. Tipe data tersebut bisa lebih dari 1 jenis.
  • Pointer: Tipe data untuk mengakses alamat memory secara langsung.

Tipe data turunan disebut juga sebagai Derived Data Type.

3. Tipe Data Bentukan (enum)

Sesuai dengan namanya, tipe data bentukan adalah tipe data yang dibuat sendiri oleh kita (programmer). Isinya berupa data-data yang sudah ditentukan. Tipe data bentukan ini dikenal juga sebagai Enumerated Data Type atau disingkat sebagai enum.

4. Tipe Data Void

Tipe data void adalah tipe data khusus yang menyatakan tidak ada data. Penggunaannya khusus untuk beberapa situasi seperti function yang tidak mengembalikan nilai (return void), atau mengisi argumen function dengan nilai kosong.


Tanpa pengelompokan, berikut ke-8 tipe data dalam bahasa pemrograman C:

  1. Char
  2. Integer
  3. Float
  4. Array
  5. Structure
  6. Pointer
  7. Enum
  8. Void

Bagi anda yang sudah pernah belajar bahasa pemrograman lain, mungkin akan bertanya kenapa tipe data boolean dan string tidak termasuk di dalam daftar ini?

Bahasa C memang tidak memiliki tipe boolean bawaan, tapi bisa diakali dengan membuatnya menggunakan tipe data bentukan (enum), atau menggunakan library khusus: stdbool.h.

Sedangkan untuk string, di dalam bahasa C termasuk ke dalam array. String di defenisikan sebagai array dari tipe data char.


Penjelasan lebih lanjut tentang tipe data ini, termasuk contoh penggunaannya akan kita bahas secara bertahap dalam beberapa tutorial ke depan.

Pertama, akan dibahas tentang tipe data char terlebih dahulu: Pengertian dan Contoh Kode Program C untuk Tipe Data char.


*** Artikel Terkait ***

Add Comment