Bahasa Pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer paling senior yang masih digunakan hingga saat ini. Dirilis pertama kali tahun 1972 oleh Dennis Ritchie, C menjadi “dasar” dari berbagai bahasa pemrograman yang lebih modern seperti C++, C#, Java, PHP hingga JavaScript.

Walau sudah berumur 45 tahun, bahasa pemrograman C masih tetap layak untuk dipelajari. Bersama-sama dengan bahasa pemrograman Pascal dan C++ ketiganya sering digunakan untuk belajar algoritma, yakni dasar dari pemrograman.

Kali ini duniailkom ingin mengajak anda untuk mengupas dan mempelajari bahasa pemrograman C. Dalam halaman ini, kami meng-index seluruh tutorial dan artikel C di duniailkom:


Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrograman C

Untuk tutorial awal belajar C, kita akan berkenalan dengan bahasa pemrograman C, mulai dari pengertian bahasa C, sejarahnya dari awal kemunculan pada tahun 1972 hingga penggunaannya saat ini.


Dalam sesi ini akan dibahas tentang cara menulis dan menjalankan kode program bahasa pemrograman C. Mulai dari menginstall aplikasi Code::Block hingga menghasilkan file exe.


Cara Penulisan dan Struktur Dasar Bahasa C

Bagian ini akan membahas tentang cara penulisan kode program bahasa C, cara menjalankan kode program bahasa C, serta struktur dasar kode pemrograman bahasa C.


Tipe Data Bahasa Pemrograman C

Dalam bagian ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis tipe data di dalam bahasa C, termasuk pembagian tipe data yang disertai contoh cara penggunaannya.


Operator Bahasa Pemrograman C

Dalam bagian ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis operator di dalam bahasa C, seperti operator aritmatika, logika, perbandingan, bitwise, dan assignment.


Struktur Kondisi dan Perulangan

Pada bagian ini akan dibahas perintah-perintah kode pemrograman C yang dipakai untuk membuat percabangan kode program atau dikenal juga dengan struktur kondisi / struktur logika. Di dalam bahasa C terdapat kondisi IF, IF ELSE, IF ELSE IF, Nested IF ELSE (if bersarang), dan struktur SWITCH / CASE.

Setelah itu kita akan masuk ke perulangan. Perulangan (atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah loop) merupakan konsep pemrograman yang berguna untuk mengulang baris perintah. Disini akan dibahas cara membuat perulangan dalam bahasa C menggunakan perintah FOR, WHILE dan DO WHILE.